DIBALIK KONSEP LOGO MONCER SERIUS

MODEREN CERDAS SEJAHTERA RELIJIUS

Berawal dari ditetapkannya tahun kunjungan wisata 2020 oleh Pemerinta Kota Magelang yang bertajuk MONCER SERIUS (Moderen, Cerdas, Sejahtera dan Relijius) tim yang tergabung dalam steering comitee segera menindaklanjuti dengan kegiatan perancangan logo, yang nantinya akan digunakan sebagai ikon dan visual branding even tersebut. Dalam hal ini Pemerintah Kota Magelang melalui Kepala BAPPEDA, Joko Suparno yang sekaligus penanggung jawab kegiatan, melibatkan Ipunk Kristianto, seorang praktisi multimedia dan desain asal Magelang untuk merancang logo MONCER SERIUS tersebut.

Dan pada pertengahan bulan Mei 2019, proses tahapan perancangan logo tersebut dimulai. Proses perancangan dilaksanakan melalui beberapa tahap. Yaitu Tahapan Briefing, Brainstorming, Approval sampai ke tahap Final. Hingga akhirnya Logo MONCER SERIUS dipublikasikan ke masyarakat.

KONSEP DASAR

Konsep visual dasar logo MONCER SERIUS berangkat dari beberapa poin yang mengacu pada karakteristik Kota Magelang yaitu : Letak kota Magelang yang dikelilingi gunung, Gunung Tidar sebagai ikon, Kota Magelang sebagai kota sejuta bunga, Water Tower sebagai landmark kota Magelang, Ragam Gelaran Seni dan Budaya dan nantinya logo tersebut diharapkan mampu memberi kesan Gembira, Semangat dan Moderen.

STUDI VISUAL

Berdasarkan batasan tersebut, ditetapkanlah beberapa ikon sebagai bentuk dasar visual logo yang mewakili karakteristik Kota Magelang dan konsep MONCER SERIUS. Bentuk yang diperoleh dari brainstorming dan studi visual adalah : Initial ‘M’ (Magelang), Air Mancur,Gunung Tidar, Kembang api, Water Tower dan Gemerlap lampu kota.

COMBINATION MARK

GEOMETRI

Jenis logo yang dipilih adalah Combination Mark atau gabungan antara pictorial (obyek) yaitu air mancur dan gemerlap lampu kota serta initial (huruf ‘M’). Ketiga obyek ini kemudian direka dalam layout/ tata letak untuk mendapatkan komposi terbaik.

Bangun geometri yang dipilih adalah bentuk lengkung dan menghindari sudut runcing. Hal ini untuk menimbulkan kesan BERSAHABAT, RAMAH dan tidak formal (casual). Komposisi bentuk lingkaran pada initial M dengan warna-warna cerah untuk mewakili gemerlap kota Magelang yang saat ini

WARNA

Warna yang digunakan dalam logo ini mengacu pada warna-warna cerah dan full color. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kesan Gembira, Semangat, Moderen dan Optimis yang sejalan dengan spirit even MONCER SERIUS.

TYPOGRAPHY

Jenis huruf yang digunakan adalah jenis Sans-Serif (huruf tanpa kait), agar mendapatkan kesan MODEREN dan MUDAH TERBACA. Menghindari bentuk huruf dengan sudut runcing, sengaja dilakukan untuk mendapatkan kesan RAMAH, BERSAHABAT dan tidak garang.

KOMPOSISI

Komposisi yang digunakan mengacu pada tata letak yang sederhana. Terdiri dari dua  obyek yang ditata secara bertingkat. Bagian bawah (initial ‘M’) yang mewakili kata MAGELANG dan di bagian atas berupa air mancur sebagai simbol ‘moncer’. Sehingga komposisi tersebut dapat diterjemahkan secara verbal : MAGELANG yang SENANTIASA BERSINAR CEMERLANG. Konsep dasar desain dengan keseimbangan simetris dipilih agar nantinya logo tersebut mudah terbaca dan diaplikasikan kedalam format apapun.

Diharapkan Logo tersebut dapat mewakili semangat serta menjadi simbol pemersatu antara Pemerintah dan warga Kota Magelang sekaligus menjadikan MONCER SERIUS sebagai kegiatan yang ‘moncer’-nya sangat serius dirasakan oleh khalayak banyak.

Profil Perancang Logo Moncer Serius

Vinsensius Ipunk Kristianto, S.Sn, M.Kom adalah seorang visual dan multimedia desainer asal Kota Magelang. Menyelesaikan studi S1-nya di Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta dan meraih gelar Master Teknologi Media Digital di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Saat ini menjabat sebagai creative director di MAHAMI graphic studio, menjadi dosen di Jurusan Desain Komunikasi Visual MSD Jogja. Menangani visual branding dan multimedia untuk beberapa institusi pemerintah dan swasta. Selain itu aktif sebagai pemateri workshop dan mentor di beberapa SMK Multimedia.

Spread the love